Beberapa Tempat Wisata Di Kota Rembang


Tempat wisata di Rembang Jawa Tengah sebenarnya sudah tidak asing lagi sebagai salah satu kota wisata yang ada di Indonesia. Kota yang dikenal mulai dari tempat pengabdian R.A Kartini sampai penyebar agama Islam yaitu makam Sunan Bonang juga ada di Rembang. Beberapa tempat wisata di Rembang yang begitu banyak macamnya telah saya rangkum menjadi 5 tempat wisata yang saya rasa paling menarik untuk dikunjungi, sebagai referensi dalam memilih tempat wisata jika anda sedang berlibur ke kota Rembang.

Berikut 8 daftar tempat wisata di Rembang yang potensial untuk dijadikan tempat wisata pilihan anda.

1. Makam Raden Ajang Kartini


 Pintu masuk ke makam R.A Kartini

Makam R.A Kartini

Terdapat sebuah makam yang menjadi Pahlawan Wanita yaitu Raden Ajeng Kartini. Makam ini menjadi tempat wisata di Rembang karena banyak peziarah yang datang ke tempat ini sekedar untuk melihat saksi sejarah dari perjuangan Raden Ajeng Kartini. Letaknya berada di Desa Bulu, Kota Rembang, membuat akses jalan menuju tempat ini sangat mudah baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Setelah berziarah pengunjung dapat membeli oleh-oleh yang menjadi khas di kawasan Makam Raden Ajeng Kartini.

2. Tempat Pengabdian Raden Ajeng Kartini


Pintu utama masuk ke museum R.A Kartini



Pintu masuk ke museum R.A kartini

Teras samping museum

Peninggalan R.A kartini dan Suaminya

Selain makamnya di kota Rembang juga terdapat kamar pengabdian Radeng Ajeng Kartini. Yang menjadikan tempat wisata di Rembang adalah adanya tulisan-tulisan asli Raden Ajeng Kartini yang masih disimpan dengan baik dan dapat dilihat oleh para pengunjug. Tempat ini menjadi saksi bisu dari perjuangan Radeng Ajeng Kartini dalam menjadikan kedudukan wanita Indonesia sederajat dengan para pria. Pengunjung juga akan merasakan bagaimana Raden Ajeng Kartini memberikan ilmu dan pendidikannya kepada generasi muda pada jaman dahulu. Di tempat ini dahulu menjadi semacam sekolah rakyat Raden Ajeng Kartini yang kemudian ditentang oleh Pemerintah Belanda.

3. Petilasan Sunan Bonang



Pintu masuk ke petilasan Sunan Bonang

Tempat wisata di Rembang selanjutnya berupa petilasan atau diyakini masyarakat sebagai tempat beristirahatnya Sunan Bonang, salah satu Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Tempat wisata ini terletak 17 km dari Lasem. Sebagai seorang wali besar maka tempat ini sangat ramai dikunjungi para peziarah agar mereka mendapat ketentraman rohani yang lebih jika mengunjungi tempat petilasan Sunan Bonang.



Pintu masuk ke pasujudan Sunan Bonang




Pasujudan Sunan Bonang

Petilasan Sunan Bonang
Konon merupakan tempat berdakwah Sunan Bonang. Dan di tempat ini pulalah Sunan Bonang dimakamkan sebelum akhirnya mayatnya dicuri dan dipindah ke Tuban oleh murid beliau. Lokasinya terletak di Desa Bonang Kecamatan Lasem, tepat di atas bukit di sisi jalan Pantura. Setiap bulan Dzulqaidah diadakan acara haul. Obyek-obyek lainnya di sini adalah:
  • Batu bekas tempat bersujud Sunan Bonang
  • Bekas kediaman Sunan Bonang
  • Joran Pancing milik Sunan Bonang
  • Makam-makam kuno lainnya.


4. TRP Pantai Dampo Awang


 Pintu masuk pantai Dampo Awang Beach

 Sun set di pantai Dampo Awang Beach

Jangkar peninggalan Dampo Awang Beach

Adalah sebuah taman dan pantai yang terletak di Kota Rembang, tepat di sisi utara jalur pantura. Sebelum pengelolaannya diserahkan ke pihak swasta, taman ini bernama Taman Rekreasi Pantai Kartini (TRPK). Penggantian nama dilakukan untuk membedakan dengan Pantai Kartini di Jepara. Fasilitas yang tersedia di tempat rekreasi yang dikelola Pemda setempat ini antara lain;
  • Taman bermain anak
  • Jangkar Dampo Awang
  • Kolam renang
  • Pantai berpasir putih
  • Anjungan
  • Panggung hiburan
  • Perahu wisata
  • kios cinderamata
  • Kolam buaya
  • Permainan air (banana boat)
  • Dll


5. Puncak Argropuro


 View sun rice di puncak Argropuro



View puncak Argropuro

Merupakan puncak tertinggi di Gunung Lasem dengan ketinggian 806 meter diatas permukaan laut. Tempat ini banyak dikunjungi oleh para pecinta alam dan penyuka kegiatan out dor dari Rembang, Pati, Tuban dan lainnya. Jalur pendakian yang sering dilalui adalah melalui Nyode Pancur. disekitarnya juga terdapat lembah yang sering sekali dikunjungi para pendaki yaitu siwalan sukun atau orang sekitar biasa menamai SS. di SS terdapat pemandangan lembah yang sangat eksotik. karena berada ditengah-tengah perbukitan yang tinggi dan juga pemandangan tumbuh-tumbuhan hijau yang menambah keeksotikan pemandangan lembah SS.

6. Pantai Caruban


 Pintu masuk ke pantai Caruban




Pasir putih di pantai Caruban

Sun set di pantai Caruban

Sebuah pantai yang belum banyak diketahui orang dan menjadi tempat wisata di Rembang yang masih asri dan natural. Akses jalan ke pantai Caruban sangatlah mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Memang keadaan pantai ini tidak memiliki pasir putih yang menjadi daya tarik pantai lainnya di Indonesia, tapi keadaan pantai dengan pesisir yang landai membuat anda bisa bermain ombak yang sangat bersahabat. Dan juga daerahnya yang masih natural, masih banyak pepohonan yang membuat pantai ini menjadi sejuk dan tidak panas. Deretan hutan pinus dan hutan mangrove akan memanjakan mata anda jika berkunjung ke pantai Caruban Lasem.
Nah itulah tempat wisata di Rembang yang paling menarik untuk dikunjungi, yang bisa anda jadikan pilihan liburan bersama keluarga. Memang tidak seperti kota wisata lainnya, tapi di Kota Rembang anda akan mendapatkan wisata religius sampai wisata alam yang mempesona.

7. Pantai Binangun



Pantai binangun terletak di binangun,Sluke,Rembang. Jika anda hendak menuju Jawa Timur anda pasti melewati pantai binangun yang berada tepat disisi jalan Pantura. Tepatnya berada dekat dengan petilasan Sunan Bonang. Untuk biaya menikmati pantai ini sangat murah hanya dengan membayar parkir sepeda motor atau mobil saja,sedangkan tiket masuknya gratis. Di pantai Binangun juga terkenal dengan sun set dan sun rice yang sangat memukau. Masyarakat setempat yang tinggal di sekitar Rembang sering menghabiskan waktu disana dengan menikmati ketenangan dan keindahan pantai yang berpasir putih. Biasanya pantai ini ramai ketika akhir pekan, para pengunjung biasanya pasangan muda-mudi dan keluarga.

8. Pantai Karangjahe (Punjulharjo)




Menikmati keindahan pantai utara Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Rembang ini seakan tak dapat dihabiskan dalam waktu satu hingga dua hari. Debur ombak dengan bibir putih pasir pantainya, serta deretan tambak garam menggapai cakrawala menjadikan lanskap indah yang tak dapat dilupakan kala melewati jalur pantai utara kota Rembang – Lasem ini.
Keindahan bahari yang ditawarkan menawan hati untuk mampir ke tanah Situs Perahu Kuno ini. Ya, sebuah pantai yang menawarkan halusnya pasir putih dan masih natural ini menjadi andalan utama Punjulharjo Beach.
Untuk menjangkaunya cukup mudah, Pantai ini berada sebelah utara Desa Punjulharjo yang berada di tengah – tengah jalur utama pantura kabupaten Rembang – Lasem, lebih tepatnya di Jl.Rembang – Lasem Km 7.5 Desa Punjulharjo Kab.Rembang.

Tak hanya panorama pantai berpasir putih yang landai, Punjulharjo Beach juga mempunyai terumbu karang yang sering penduduk desa Punjulharjo sebut Karang Jahe, terumbu karang yang banyak menawarkan keindahan ini siap memberi nuansa warna bawah lautnya, warna warni ikan dan warna terumbu karang yang menawan bisa kita nikmati dengan menyewa perahu nelayan yang ada di sekitar tepi pantai. 

Beberapa Tempat Wisata Di Kota Rembang Beberapa Tempat Wisata Di Kota Rembang Reviewed by explore indonesia on 3:28 PM Rating: 5

No comments:

PropellerAds
Powered by Blogger.