AGROWISATA HUTAN MANGROVE REMBANG

Taman konservasi Mangrove adalah salah satu Agrowisata yang berada di Desa Pasar Banggi Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Kesan pertama di kota yang mendapatkan julukan Rembang Bangkit ini adalah panas. Dikarenakan lokasi kota ini yang terletak di daerah PANTURA. Pelestarian pesisir pantai sebagai upaya pencegahan abrasi pantai. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah konservasi mangrove di wilayah pantai. Menanam pohon mangrove sangat penting karena didalamnya tidak hanya mencegah abrasi pantai, namun untuk tempat ikan tumbuh, telur ikan. Penanaman mangrove akan memperkuat pesisir kita.

Mangrove berfungsi sebagai penopang fisik dan biologi, sehingga dapat menyelamatkan daerah pantai, dan meredam gelombang air laut. Di sisi lain, juga dapat menunjang perekonomian masyarakat, karena tempat konservasi mangrove bisa menjadi objek wisata.

Untuk menuju ke kawasan Hutan Mangrove ini sangat mudah, dari pusat kota Rembang ambil arah kompas kearah Timur kurang lebih 5km, sampai kita menjumpai penunjuk arah yang ada diseblah kiri jalan dengan tulisan Hutan Wisata Mangrove, untuk sampai di Agrowisata Hutan Mangrove harus masuk kejalan desa dan ikuti penunjuk arah yang ada.




Untuk bisa masuk ke kawasan hutan mangrove cukup bayar 2000 untuk parkir motor, selanjutnya berjalan menyusuri tambak garam yang lengkap dengan kincir angin yang cukup usang dari kayu dan di depan mata sudah tampak rimbunnya mangrove yaitu kawasan wisata Agrowisata mangrove.





Lokasi ini sebenarnya seperti hutan mangrove yang ada di daerah lain, yang membuat  beda dari lokasi ini adalah jembatan merah yang ada di tengah-tengah hutan mangrove. Jembatan kayu ini mengarah ke utara laut jawa dan ujung dari jembatan ini adalah gazebo besar sebagai tempat berteduh untuk melihat pemandangan laut utara pulau jawa.


Luas hutan mangrove kurang lebih 22 hektare dengan panjang 2.900 meter . Ada beberapa jenis mangrove yang ditanam di kawasan konservasi ini, pohon bakau, yaitu :
1. Rhizophora spp
2. Rhizophora apiculata
3. Avicennia marina
4. Avicennia alba
5. Sonneratia alba
6. Xylocarpus spp.









AGROWISATA HUTAN MANGROVE REMBANG AGROWISATA HUTAN MANGROVE REMBANG Reviewed by explore indonesia on 4:19 PM Rating: 5

No comments:

PropellerAds
Powered by Blogger.