Merawat Bahan Batuan Sebelum Dipotong Ataupun Digosok


Apakah Anda merupakan salah satu dari sekian banyaknya penggemar batu akik Indonesia? Jika Anda merupakan pecinta batu akik yang ada di Indonesia ini, Berarti Anda tidak salah membuka halaman blog saya. Di postingan saya kali ini akan membahas topik tentang bagaimana cara “Merawat Bahan Batuan Sebelum Dipotong Maupun Digosok”.

Khususnya bagi Pria saat ini, Batu akik  merupakan primadona yang nomor satu dibandingkan dengan wanita cantik. Bagi pecinta batu akik tentunya meinginkan batu akik yang dikenakan kelihatan mengkilap dan mempunyai kualitas yang top sehingga orang yang melihatnya tidak bisa berkedip. Tentu itu semua dapat diperoleh dengan cara perawatan yang tidak sembarangan.

Banyak faktor yang menyebabkan kilau batu akik itu tidak maksimal. Beberapa faktor yang menyebabkan batu akik kurang berkilau dan mengkilap diantaranya seperti penggosokan yang salah atau cara perawatan batu sebelum digosok.

Nah kali ini saya mempunyai tips dan trik “Merawat Bahan Batuan Sebelum Dipotong Maupun Digosok”, yang saya dapatkan dari seorang teman facebook saya beliau bernama
Timur Sinar Suprabana, beliau mengepostkan postingannya sebagai berikut.

  • Sebelum dipotong ataupun digosok, bahan batuan juga membutuhkan tahap perawatan. Untuk bahan batuan bermotif, Teristimewa kelas akik, saya biasa melakukan perawatan dengan cara merendamnya dengan oli. Perendaman dengan oli ini sangat membantu untuk memunculkan tampilan urat, Motif dan warna bahan batuan. Dengan demikian, Bagi pencinta batu gambar akan lebih mudah dalam "membaca" wujut urat ataupun motif itu yang pada giliran akhirnya memudahkan memilih bagian mana yang akan diambil. Hasil perendaman juga membantu saya untuk memperkirakan tingkat kilau atau kegilapan batuan jika sudah rampung digosok dan disangkling.
  • Waktu perendaman biasanya 3 x 24 jam. Untuk jenis batuan lain kategori bukan akik, Saya biasa melakukan perendaman dengan menggunakan air mawar, Air aki ”air yang biasa dipakai untuk ngejogki aki”, atau air mineral tergantung jenis batuannya. Perendaman ini sangat membantu untuk mengangkat atau mengurangkan kandungan kapur yang ada di dalam bahan batuan atau melekat di permukaan batuan dan menjadikannya kenyal saat digosok. Perendaman dengan air ini saya lakukan dalam tiga tahap.
a.   Tahap pertama perendaman saya lakukan dengan mencampurkan blimbing wuluh, irisan jeruk nipis dan kalau ada saya tambahi buah mengkudu masak. Ketiga jenis bahan alami itu saya blender jadi satu dan saya masukkan ke air aki untuk merendak bahan batuan. Ini saya lakukan terutama untuk batuan yang tingkat kandungan kapurnya tinggi. perendaman ini juga biasa berlangsung selama 3 x 24 jam.

b.   Tahap kedua adalah mengangkat batuan yang direndam, lalu mencucinya sampai bersih dengan menggunakan air yang langsung mengalir dari kran. Ada kalanya saya semprot dengan menggunakan selang. Dengan demikian sisa-sisa blimbing wuluh, jeruk nipis dan mengkudu benar-benar bersih. Selanjutnya saya lap dengan kain bersih dan saya angin-anginkan sekitar lima jam. Jika sudah kering secara alami kembali saya rendam. Kali ini dalam air aki tanpa campuran apapun. Perendaman yang merupakan pembersihan akhir ini saya lakukan 2X24 jam. Setelah dirasa cukup kembali diangkat, dibersihkan, dikeringkan.

c.       Tahap tiga, yang paling mengasyikkan satu demi satu bahan batuan saya olesi oli rem mobil untuk kemudian saya diamkan selama 3 x 24 jam dengan menaruhnya di tempat yang tidak terpapar cahaya matahari. Baru sesudah itu saya mulai lakukan penggosokan untuk membentuk, pengasahan dan penyangklingan. Hasilnya? Whaaaaaw...sungguh ji... ji... walangkaji... Koko Beluk... demh... demh... pling... pling... Kempling... kanti kersaning Gusti...

Gimana tips dan trik yang sudah Anda baca? Pastinya menambah refrensi Anda dalam hal perbatuan akik dong,hehehe... Silakan terapkan tips dan trik itu untuk merawat bahan batuan akik Anda, dan apabila ada hal yang kurang paham atau yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.

                                                                                           
Merawat Bahan Batuan Sebelum Dipotong Ataupun Digosok Merawat Bahan Batuan Sebelum Dipotong Ataupun Digosok Reviewed by explore indonesia on 10:02 PM Rating: 5

1 comment:

PropellerAds
Powered by Blogger.